Tentang Pangkalan Bun

Pangkalan Bun ibukota Kabupaten Kotawaringin Barat terletak di Provinsi Kalimantan Tengah memiliki gudang keindahan alam yang menawan dengan areal hutan tropis yang cukup luas. Terdapat beraneka ragam kebudayaan dan tempat-tempat bersejarah yang mengagumkan. Karena itulah kami ada. Aksesibilitas menuju Pangkalan Bun dapat ditempuh dengan Transportasi udara dari Jakarta, Pontianak dan Semarang. Sedangkan transportasi laut langsung ke pelabuhan Panglima Utar-Kumai.

Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat memiliki luas10,759 km2 dan terdiri dari 6 Kecamatan yaitu dari Kotawaringin Lama, Arut Selatan, Kumai, Pangkalan Banteng, Pangkalan Lada dan Arut Utara. Bersuhu sekitar 220C – 320C, dengan kelembapan 87,08% dan curah hujan sebanyak 32,505 mm/tahun.

Kabupaten Kotawaringin Barat (KOBAR) ini berbatasan dengan Kabupaten Seruyan di utara dan Timur, oleh Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Sukamara di barat dan Laut Jawa di selatan.

Karakteristik alam adalah hutan hujan khatulistiwa, kesuburan tanah dan miliki bahan tambang yang bernilai. Sungai yang mengalir menyajikan berbagai gaya hidup, suatu lingkungan yang tenang dengan multi spesis pepohonan dan bakau sepanjang tepian sungai sementara pohon bercahaya di malam hari diselimuti oleh ribuan kunang – kunang bagaikan pohon natal alam sepanjang tahun.

Kebudayaan akhirnya menjadi sedemikian rupa penuh dengan aneka warna yang disebabkan oleh banyaknya suku yang berpindah ke daerah ini, Suku Dayak memiliki alam budaya sendiri sementara bagi suku pendatang yang kemudian sekarang menjadi penduduk lokal yang kemudian membawa serta Budaya Pesisir dimana lebih banyak dipengaruhi oleh budaya Melayu.

Hutan yang terletak diantara sungai – sungai, dimana penduduk lokal hidup ditepian sungai serta menciptakan desa – desa kecil tradisional dan suku Dayak mengelola keseimbangan alam, bercocok tanam, panen dan konservasi yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Adalah suatu hal yang menakjubkan berada diantara mereka.

Ada sekitar 27 hotel dengan berbagai fasilitas yang sesuai dengan keinginan Anda – tenang, sejuk dan nyaman, sebanyak 28 restaurant siap menyajikan dengan berbagai menu masakan lokal, nasional  maupun international dan juga terdapat berbagai  cafe dan swalayan-swalayan tempat berbelanja dengan mudah dapat dikunjungi di Pangkalan Bun.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s